Menelepon Murah dengan Skype

Skype menawarkan layanan telepon via VoIP (voice over Internet protocol), sehingga untuk SLI (sambungan langsung internasional) dan interlokal hanya dikenai biaya lokal untuk akses Internet. Skype juga bisa diaplikasikan di PDA dan smartphone.Memanfaatkan jaringan Internet buat menelepon mungkin sudah sering kita dengar, tapi agaknya baru sebagian kecil saja yang pernah mencobanya. Maklum usaha buat memasyarakatkan teknologi telepon lewat Internet?atau yang sering disebut voice over IP (VoIP) pada awalnya menghadapi banyak masalah.

Perusahaan yang ingin menawarkan jasa ini dianggap sebagai operator telepon dan karena itu harus mendapat izin. Harap diingat dulu cuma Telkom yang boleh memberi layanan telepon dan karena itu VoIP dianggap ilegal. Hal ini sangat disayangkan karena teknologi VoIP menawarkan jasa telepon dengan biaya yang lebih murah. Walaupun demikian, saat ini teknologi itu sudah dirangkul oleh beberapa operator telepon yang punya izin?yang ikut menentang VoIP pada awal perkenalannya.

Penggunaannya memang baru terbatas pada sambungan langsung internasional (SLI), misalnya 016 yang ditawarkan Indosat dan 017 dari Telkom.

Tapi sebenarnya kita bisa bertelepon murah tanpa harus menggunakan kedua operator resmi ini. Syaratnya cuma komputer, aplikasi yang sesuai, serta sambungan Internet yang memadai, serta periferal seperti headphone/mikrofon.

Beberapa aplikasi Instant Messenger sudah menawarkan fitur suara (voice chat) yang bisa dimanfaatkan buat bertelepon lewat Internet. Tapi aplikasi gratis yang memusatkan perhatian pada komunikasi suara seperti Skype masih jarang.

Salah satu keunggulan Skype yang menarik adalah kemampuannya untuk dipasang di banyak platform. Anda bisa menginstalasinya di komputer dengan sistem operasi Windows (2000 dan XP), MacOS X serta Linux?tiga sistem operasi paling populer di dunia.

Walaupun Skype awalnya berasal dari komputer, saat ini tersedia pula versi Pocket PC aplikasi VoIP ini. Artinya jelas buat pengguna PDA atau smartphone berbasis Windows Mobile dengan fasilitas Wi-Fi dan kebetulan berada pada daerah hotspot (lokasi yang menyediakan layanan sambungan Wi-Fi): menelepon dengan biaya lebih murah.

Sayangnya?buat pengguna di Indonesia, saat ini Skype hanya bisa digunakan untuk menelepon sesama anggota Skype saja. Dengan kata lain bila rekan Anda tidak menggunakan Skype, Anda tidak bisa menghubunginya. Jelas ini membatasi penggunaan Skype.

Sebenarnya Skype punya layanan untuk menelepon ke telepon biasa, baik telepon tetap (pontap) maupun ponsel. Layanan ini disebut SkypeOut. Menurut situs Skype, Indonesia sudah termasuk dalam negara yang bisa dicapai oleh SkypeOut.

Tarif yang diberlakukan tidak tergantung jarak, tetapi hanya berbeda untuk tiap negara. Contohnya untuk menghubungi telepon di Jakarta menggunakan layanan SkypeOut, Anda harus menghabiskan uang sekitar Rp 453 per menit, terlepas apakah Anda menelepon dari Jakarta juga atau dari kota lain. Tentunya tarif ini jauh lebih menarik apabila Anda ingin berbicara dengan teman atau keluarga di luar negeri.

Pada beberapa negara, pengguna telepon biasa dapat menelepon pengguna Skype. Layanan ini disebut SkypeIn. Layanan ini baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Hong Kong, Denmark, Swedia, Finlandia dan Polandia. Indonesia belum termasuk.

Tarif yang harus dibayar pengguna telepon tetap ke nomor Skype sama dengan tarif telepon biasa di negara tersebut. Selain harus mendaftar dan men-download aplikasi Skype, Anda perlu membeli kredit (seperti pulsa) dari situs Skype. Pembayaran dilakukan melalui kartu kredit. Karena penggunaan kartu kredit dari Indonesia sering bermasalah, ada kemungkinan Anda akan menemui kesulitan menggunakan layanan SkypeOut.

Sumber: indroo

14 thoughts on “Menelepon Murah dengan Skype

    • owh, pantes…tdi aku nyoba’…eh2 harus beli pulsa dulu ya..,gak enaq cz terbatas, cman bwuat yg punya account skype ajah…at least, makasih infonya.

  1. saya pengguna setia skype, sudah buktikan murah, dari columbus, OH saya menelpon keluarga di malang dan banjarmasin (fleksi atau rumah) rate nya $0,092/menitnya (ngga sampai 1 cent. Kalau dirupiahkan dgn kurs Rp.10 ribu/ $1, maka artinya 1 menitnya = Rp. 1000). Tetapi kalau ke hp (apapun operatornya) rate nya $0,154/menit. Kalau di Amerika banyak dijual kartu untuk redeem nya (seperti voucher isi ulangnya), jadi tinggal dimasukkan nomor yg ada di kartu tsb ke account skype kita.

    Kalau nelpon dari Amerika ke Jakarta ternyata lebih murah lagi, ini menurut teman yg biasa menelpon keluarganya di Jakarta.

Leave a comment